Milenial Punya Properti? Bisa Kok!

20 Nov 2018
Mungkinkah bila generasi milenial berinvestasi di bidang properti? Jawaban, bisa! Generasi milenial identik dengan pola hidup konsumtif, pragmatis dan kurang cermat mengatur keuangan. Namun tren ini sudah mulai mengalami sedikit pergeseran. Mereka sudah mulai berpikir untuk menyisihkan sebagian penghasilannya untuk investasi dibidang properti. Disadur dari artikel realestate.com.au, berikut beberapa tips investasi properti bagi generasi milenial. Simak tipsnya berikut ini:
  1. Mengurangi pengeluaran bulanan
    Gaya hidup seperti berwisata, ngopi di kafe atau jajan di restoran yang sedang hits tanpa sadar membuat generasi ini terjebak dalam situasi keuangan sulit. Pengeluaran yang cenderung boros inilah yang sebaiknya mulai dihindari sebelum Anda terjebak dalam gaya hidup yang salah.
  2. Terbebas dari hutang
    Jika ingin meminjam uang dari bank, katakan saja lewat pengajuan KPR, maka semua catatan keuangan Anda akan dicek secara rinci. Mulai dari pinjaman cicilan mobil sampai dengan limit kartu kredit yang dimiliki. Hal seperti ini jelas berpengaruh besar terhadap kemampuan Anda untuk membayar cicilan per bulannya. Untuk itu pastikan Anda terbebas dari segala bentuk utang, baik yang berkaitan langsung dengan bank ataupun tidak.
  3. Mulai menabung sedini mungkin
    Mulai biasakan diri untuk menyisihkan sebagian penghasilan Anda ke dalam tabungan. Ingat, semakin besar jumlah tabungan Anda maka akan memengaruhi kemampuan Anda untuk membayar DP rumah atau apartemen yang akan Anda beli. Semakin besar DP maka akan semakin kecil pula cicilan per bulannya.
  4. Pertahankan riwayat pinjaman yang bersih
    Sekali lagi, bank sangat selektif untuk menentukan calon nasabah kreditnya. Jika Anda pernah memiliki riwayat pinjaman yang buruk atau masuk dalam daftar hitam BI maka peluang persetujuan pengajuan pinjaman Anda akan sangat kecil sekali. Untuk memastikan catatan pinjaman Anda selalu lancar, pastikan Anda selalu membayar tagihan tepat waktu.
Dude Harlino ketika menjadi pembicara di Summarecon Bekasi Expo 2018 menyebutkan bahwa milenial harus bisa mengurangi gaya hidup konsumtif. Terlebih ketika pendapatan sedang tidak konstan, saat akan membelanjakannya pun harus mempertimbangkan kembali. Nafsu belanja harus banyak direm. Agar uang yang susah payah didapat tidak habis percuma.