Lifestyle Detail

Nikmatnya Makanan Khas Kota Daeng

Nikmatnya Makanan Khas Kota Daeng

30 Sep 2017

Kota Makassar dikenal sebagai salah satu daerah tujuan wisata kuliner di Indonesia, yang tahun ini menjadi tema dekorasi di event tahunan Festival Kuliner Bekasi (FKB). Jika berkunjung ke sini, jangan sampai ketinggalan mencicipi kuliner khas kota Anging Mammiri berikut ini, ya!

Konro Bakar
Masakan sup iga sapi khas Indonesia yang berasal dari tradisi Bugis dan Makassar ini biasanya dibuat dengan bahan iga sapi atau daging sapi. Masakan berkuah warna coklat kehitaman ini biasa dimakan dengan buras atau lontong yang dipotong-potong terlebih dahulu. Warna gelapnya berasal dari buah kluwek yang memang berwarna hitam. Bumbunya relatif kuat karena menggunakan ketumbar dan rempah lainnya. Konro Bakar merupakan variasi dari sop konro yang disajikan dengan kuah.

Bakso Nyuknyang
Semangkuk bakso dengan kuahnya yang panas dijamin bisa menghangatkan tubuh. Nah, jika Anda penggemar bakso, tak ada salahnya mencoba Bakso Nyuknyang yang merupakan bakso/bakwan khas Sulawesi Selatan dan menjadi salah satu penganan yang sangat popular di Makassar. Bahan baku daging sapi yang digunakan adalah daging terbaik, hanya menggunakan daging tanpa lemak dengan sedikit kanji. Inilah mengapa tekstur bakso Nyuknyang menjadi lembut dengan kekenyalan yang sempurna.

Pisang Epe
Kata epe berasal dari bahasa Makassar yang berarti jepit. Pisang epe bisa diartikan pisang bakar yang dijepit dan menjadi gepeng dengan berbahan dasar dari pisang raja yang belum terlalu masak dan tidak lembek. Rasanya gurih dan manis. Juga bervariasi. Ada rasa durian, keju, dan coklat. Sebagai penambah citarasa, pisang epe biasanya ditambahkan susu atau coklat bubuk.

Barongko
Gurih, manis, dan lezat adalah sensasi pertama yang menari dilidah ketika mencicipi kue tradisional yang satu ini. Kue barongko terbuat dari bahan dasar pisang kepok, telur, susu, dan gula merah dicampur dan dihaluskan secara bersama hingga merata ditambahkan dengan irisan-irisan kecil buah nangka, lalu adonan tersebut dibungkus dengan daun pisang dengan bentuk prisma. Adonan yang telah dibungkus dikukus hingga matang. Kue barongko biasanya disajikan dalam keadaan dingin.

Es Teler Panaikang
Es teler Panaikang, begitu orang mengenalnya, telah muncul sejak 29 tahun silam di kawasan taman pekuburan Panaikang, Makassar, Sulawesi Selatan. Kesegarannya begitu menggiurkan. Rasa haus dan dahaga akan hilang seketika setelah meninum es teler ini. Apa saja isinya? Yang pasti, ada potongan buah pepaya, nangka, sagu mutiara, kacang merah, tape ketan hitam, ditambah serutan es batu, hmmm... nikmat! Pemanisnya berupa sedikit susu kental manis putih. Yang paling khas adalah gula-gula merah ditambah sedikit kacang disko.

Share This Post