Lifestyle Detail

Konsumsi Makanan Sesuai Kelompok Usia

Konsumsi Makanan Sesuai Kelompok Usia

25 Jul 2017

Seiring bertumbuhnya usia, kebutuhan akan nutrisi kita juga akan meningkat. Dilansir dari BBC Good Food, mari cari tahu apa yang seharusnya Anda makan untuk diet seimbang dan sehat.

Usia 20 dan 30 Tahun
Di usia berikut ini seringkali makanan sehat hilang dari daftar prioritas. Apa yang harus saya konsumsi?

  • Makanan kaya akan kalsium - Untuk memastikan Anda mendapatkan jumlah kalsium yang dibutuhkan, Anda perlu konsumsi susu, yogurt dan keju setiap harinya. Jika Anda alergi susu, cobalah produk tanaman kaya kalsium seperti kangkung, brokoli, bayam, kacang-kacangan dan tahu tempe.
  • Luangkan waktu untuk sarapan pagi - Cobalah sereal gandum atau bubur gandum yang diperkaya dengan buah cincang atau segenggam kacang dan biji-bijian seperti biji rami. Sarapan yang tepat akan memberi serat dan beberapa vitamin kunci.

Usia 40 Tahun
Pada usia tingkat ini metabolisme tubuh dimana kecepatan membakar kalori turun. Apa yang harus saya konsumsi?

  • Makanan kaya antioksidan - Buah dan sayuran berwarna cerah merupakan sumber antioksidan terbaik. Pastikan Anda makan setidaknya lima porsi sehari dan mencakup berbagai macam hasil yang berbeda.
  • Makanan kaya zat besi - Daging merah tanpa lemak adalah bentuk zat besi yang paling mudah diserap. Konsumsi banyak sayuran berdaun hijau seperti chard, bayam, kacang hijau, asparagus dan brokoli. Nikmati makanan nabati ini dengan makanan kaya vitamin C untuk membantu penyerapan, seperti salad bayam dan jeruk.

Usia 50 Tahun
Masalah kesehatan, seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2 lebih sering terjadi pada kelompok usia ini. Apa yang harus saya konsumsi?

  • Diet Mediterania - Diet dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran segar, dari semua warna dan jenis untuk membantu Anda mendapatkan spektrum vitamin dan mineral yang ramah untuk jantung.
  • Phytoestrogen - Makanan berbasis kedelai seperti miso, tahu, dan tempe dapat membantu mengurangi beberapa gejala yang tidak menyenangkan yang terkait dengan menopause. Makan 15-25 gram protein kedelai sehari dapat membantu mengurangi kadar kolesterol darah.

Usia 60 Tahun
Seiring bertambahnya usia, berbagai perubahan fisiologis dan psikologis terjadi yang berdampak langsung pada kebutuhan nutrisi. Apa yang harus saya konsumsi?

  • Pastikan makanan Anda mengandung banyak makanan kaya serat seperti gandum, gandum, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan kacang lentil. Segelas kecil jus prune di pagi hari bisa mengurangi sembelit.
  • Vitamin B12 - Pastikan Anda memasukkan banyak makanan yang kaya B12 seperti daging, ikan, telur, produk susu dan sereal sarapan yang diperkaya semuanya mengandung vitamin B12.

Share This Post